Selayang Pandang

Terjemahkan :

Pangeran Facebook

Cerpen Sainul Hermawan (Cerita dalam Potongan Status)

Seperti pada kebanyakan kerajaan asli Indonesia yang lain pada masa pra-kolonial, sejarah Banjarmasin ditandai oleh pertentangan internal yang kronis, terutama di antara anggota-anggota keluarga raja. Kebencian, iri hati, ketamakan, dan lapar kekuasaan yang mendorong terbentuknya persekongkolan-persekongkolan politik merupakan sebab-sebab terjadinya friksi, pembunuhan manusia, atau pembunuhan kepala negara yang dilakukan oleh para pengikut raja-raja sendiri, yang sebagain besar berlangsung tanpa sanksi hukuman. 

Konflik semacam ini umumnya terjadi di antara kemenakan dan paman, saudara-saudara tiri, atau bahkan di antara saudara kandung. Pangeran samudra versus Pangeran Temenggung pada abad ke-16, Pangeran Amir vs Panembahan Nata pada abad ke-18, Pangeran Hidayatullah vs Pangeran Tamjidillah pada abad ke-19. Sebagian besar konflik itu mengundang campur tangan asing yang menagguk di air keruh. Pada abad ke-21 pangeran facebook menantang Pangeran Gusti Mat Jaim. Inilah kisahya.

Pangeran, Status September 2010:
"Aku bisa melihat apa yang tak bisa kalian lihat"

"Apa yang pian
lihat, Pangeran," kata Gusti Pusank yang dua hari silam mengganti foto profilnya dengan tempat sampah organik. Tepat di bawahnya sekotak akun yang mengaku sebagai Gusti Mat Jaim berkomentar agak panjang, "Jangan ngaku-ngaku keturunan sultan kalau tak ingin dilaknat. Belajarlah memakmurkan rakyatmu dulu kalau ingin benar-benar jadi Gusti. Kamu gusti yang mana?"

Kalimat terakhir ditulis dengan huruf kapital. Pangeran facebook tersenyum membaca komentarnya. Saat akan membalas komentar, Gusti Mat Jaim mengganti foto profilnya dengan gambar sultan abad ke-18. Dia kelupaan karena tertarik memeriksa kabar terbaru dalam jaringannya.

Seseorang berakun Gt. Man minta ditambahkan sebagai kawan. Setelah permintaannya disetujui dia nyeletuk, "Kita harus berempati pada rasa imperior pangeran. Malu kan kalau beliau diundang ke forum kekerabatan keraton nusantara, tapi sidin sendiri tak punya keraton. Hahaha...."
"O... Itu rupanya arti dari tujuan pembangunan keraton imitasi yang dikampanyekan dengan dalih untuk mengayomi kebudayaan Banjar?" ujar akun bernama Gusti Mat Jahil tanpa foto profil. Dalam infonya dia mengaku keturunan pangeran dari garis Temenggung Surapati.
 
Gt. Man telah mengganti foto profilnya dari celana dalam ke baliho bergambar pangeran. Gusti Mat Jahil pun mengganti foto profilnya jadi gambar cover CD Radja.
"Bukankah dia pemegang surat wasit dan sebilah keris keraton Banjar? Dialah pewaris tahta yang sebenarnya!" kata Gusti Pusank. Langsung Gusti Mat Jaim menyambar komentar itu, "Aku tetap sanksi sebelum semuanya ditakar dalam sidang ilmiah sejarah yang jujur. Kalau cuma bisa bikin pernyataan resmi yang berdasarkan ujar-ujar saja, kita sudah tahu kemana arah dan tujuannya... bukan untuk melestarikan peradaban, tapi untuk mewujudkan hasrat untuk berkuasa. Ia sudah lupa kalau tahtanya saat ini adalah dari rakyat melalui proses yang setengah demokratis karena setengahnya harus disogok. Tahtanya sekarang bukan jatuh begitu saja dari garis keturunannya, kenapa tiba-tiba handak membangun keraton imitasi dari uang rakyat? Ingat pangeran, azab tuhan sangat pedih kalau pian handak menyelewengkan amanah rakyat, amanah tuhan!"

"@ Gt. Pus: pewaris tahta keraton nang sabujurnya tuh aku sank ai. Kunci gaibnya ada lawan aku. Keraton imitasi itu lucu-lucuan kalau dibangun. Keraton itu kada kawa dihancurkan Walanda. Ia ada di alam gaib. Mun kena ada imitasinya, mereka nang di alam gaib tuh bisa hamuk. Liati ja kena. Meong, meong...." ujar Gusti Mat Jahil.

“Hei Mat Jaim, dimana gerang ada sejarah nang bujur-bujur jujur? Pada umumnya tuh yang namanya sejarah hasil imajinasi dan tafsir sejarawan atas fakta-fakta karena fakta sendiri kada kawa bepander. Nang penting ada maknanya tuh. Nah, selanjutnya pasti ikam akan bahuwal soal ‘makna itu apa? Makna menurut siapa? Iya am. Guringan....” ujar Gusti Pusank.

Gt. Man langsung nimbrung, "Ya, kenapa kok tak satu pun bubuhan gusti nih ada yang menekuni ilmu sejarah yang bisa mengungkap kabut sejarah kita, sehingga jelas mana keturunan pangeran yang sebenarnya, dan mana yang sekadar pangeran-pangeranan?"
Gt, M Jahil berkata, "Gusti CD, di zaman sekarang cukup pakai jasa konsultan. Urusan kita bukan itu. Urusan kita cuma ngurusin tahta. Kecuali aku hehehe....Tapi ikam harus ngerti bahwa ini bagian fiksi berikutnya dari sejarah Banjar. Bukankah sejarah juga bisa disusun berdasarkan mitos-mitos dan mitos-mitos itu kan ujar-ujar. Makanya, kalau nonton Mamanda ya seperti nonton ulah sultan dan pangeran-pangeran."

Gusti Mat Jaim, Status Oktober 2010:
"Klaim keaslian telah membuatmu latah, ingin membangun simbol keaslian sampai begitu rupa, kecuali kau bangun dengan uang pribadimu, silahkan saja bikin kratonmu!"

Yang disasar statusnya tak langsung merespons. Ada akun baru bernama Gt. Radial yang menyukai jejaring radikal langsung berkomentar, "Kebudayaan adalah istilah yang menyesatkan. Kebudayaan siapa yang akan diayomi? Ayo buang jauh-jauh istilah itu. Kita tahu meski kita sesama Banjar kita tak punya norma sosial yang benar-benar sama. Apa yang kalian maksud dengan budaya Banjar? Perda perlindungan budayanya haja kadada, apa dasar hukum maulah keraton-keratona tuh? Awas mun pakai duit rakyat, bisa kualat! Budaya keraton jelas beda dengan budaya di luarnya. Ah, ada-ada saja. Pian-pian yang seharusnya menaikkan harga diri. Tapi boleh juga dari pada bertameng demokrasi tapi sebenarnya bermental aristokrat. Boleh, boleh hehehe..." 

Gusti Pusank nyelonong, "Wahai para gusti bersatulah. Kita dikalahkan dengan mudah oleh Walanda karena kita mudah diadu."
Gt. Radial berkomentar, "Saya tak tertarik bersatu di bawah kepemimpinan pangeran palsu yang suka main culas untuk meraih tahta. Kalian akan dilupakannya begitu tahta itu dalam genggamannya.
Pangeran Facebook panas juga rupanya, tak bisa lagi berkata-kata dengan arif dan bijakasana sebagai pewaris tahta masa silam:

“@Rad: Hei tukang ban bahapal. Badiam ja kalau kada paham urusannya. Jangan maabuti padapuran urang! Kena aku usir ikam ke negaramu di Jawa sana!
 
“@Pusank: Ya, inilah persoalan kita: susah mendengar orang senang dan senang mendengar orang susah. Memang sedih juga menyandang gelar pangeran hanya berbekal surat wasiat. Tapi kukira lebih lucu lagi kalau gelar ini kusandang sebagai pemberian dari kalian para gusti dunia maya yang nggak jelas.”
 
Gusti Mat Jaim langsung bicara tepat di bawahnya, “Pangeran yang mulia, maya dan nyata itu sangat tipis batasnya. Pangeran dan bukan pangeran juga sangat tipis batasnya. Seperti terhormat dan terhina sekarang kabur batasnya. Pangeran yang mulia, lebih luhur mana antara copet dan koruptor? Kita tahu bahwa kebudayaan tampak memperlakukan salah satunya lebih mulia dari yang lain. Pikirkan matang-matang ambisi pangeran sebelum segalanya terlambat.”

Pangeran, Status November 2010
"Inilah rancangan keraton kesultanan Banjar 2012."

Gusti Mat Jaim menahan diri. Dia menghapus foto profilnya. Begitu pula dengan Gt. Man, Gt. Radial, dan Gusti Pusank. Semua beramai-ramai menghapus foto profil mereka. Kecuali Gusti Mat Jahil menjelang Oktober, mengomentari foto itu. "
"Selamat ya Pangeran. Tapi tolong jangan dibangun dengan uang rakyat ya. Uang rakyat akan lebih bermakna untuk mengayomi budaya berobat murah, budaya pendidikan bermutu, budaya sungai dengan air sungai yang bersih dan sehat, budaya amanah, budaya adil dan beradab, budaya mendukung pemuda agar berdaya saing. Semoga Pangeran kian bijaksana." Cuma komentar itu yang tersisa. 

Pangeran mencoba menengok akun para kerabat gaibnya yang beberapa bulan ini secara sukarela berbagi gagasan. Mereka tak ditemukan dalam kotak pencarian. Pangeran merasa sendirian dan ditinggalkan. Perasaan itu tak menyurutkan tekadnya. Karena ambisi politik yang tak bisa dikendalikan, pangeran tetap membangun impiannya dengan uang rakyat. Sejumlah LSM peduli antikorupsi melaporkannya ke KPK.
 
Gusti Mat Jaim menulis opininya di koran lokal tentang penangkapan pangeran. Di akhir tulisannya ia berkata: setiap kita pasti punya kenangan dan setiap kenangan harus tinggal bersama masanya. Ia indah dalam relung imajinasi kita. Ia tak sepenuhnya bisa dibangun kembali dengan kata atau bata. Ia abadi dalam wujudnya yang gaib. Ia untuk masa lalunya dan kita bergerak untuk masa kita yang berbeda.

Pada 2014, saat yang dinantikan pangeran tiba. Di tahanan badannya menggigil, kasusnya tak tuntas-tuntas karena melibatkan banyak pihak ketiga yang menyulitkan penuntasan delik-delik hukumnya. Ia ditahan oleh ketakpastian hukum yang dirancangnya sendiri. Apalagi ia berada di zaman hukum sebagai pecundang. Ambisinya kandas. Pikirannya berkecamuk. Para koleganya tak satu pun peduli, karena hubungan yang mereka lakukan berbasis fulus. Keraton yang dibangunnya mangkrak, tinggal pilar-pilar dingin menjulang yang akan dilelang oleh Pemda kepada pihak yang berminat. Saat dilelang, ia dikalahkan oleh hotel Kencono Wungu. 

Tonggak-tonggak keraton itu tak laku-laku, dikepung ilalang dan lumut. "Bagaimana perkembangannya, Pak?" tanya seseorang yang mengaku kerabatnya pada seorang sipir saat mengunjunginya di sel khusus Tipikor. "Beginilah, sudah lumayan daripada kemarin. Dia selalu asyik memerankan Republik Mamanda sendirian di selnya. Meneriakkan kata-kata yang mengganggu penghuni sel lain. Tampaknya dia tak cocok lagi di sini. Dia secepatnya harus dipindahkan ke Sambang Lihum."
“Apa yang diteriakkan, Pak?”
“Akulah Pangeran! Akulah Pangeran!”
Sumber
curai pandir palui banjar iseng sekedar jalan 


67 comments:

Anonim mengatakan...

artikel yang menarik keliatannya cerpennya punya makna lain yah?

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
weleh weleh pangerannya berperan sperti itu tah hehhehehe terkesan sebagai prabu joko kinaryi alias lelaki yang di gaet hehehe.good luck yach

Djaka Tulalit mengatakan...

Cerpennya menyentil masalah polemik pembangunan keraton di tempat ku mba.. kaya acara Sentilan-Sentilun gitu, makasih yah mba dah mampir..

Anonim mengatakan...

xanax buy xanax online without rx - how to pass a drug test in 24 hours + xanax

Anonim mengatakan...

xanax online buy alprazolam online with mastercard - xanax effects snorting

Anonim mengatakan...

buy cheap xanax xanax side effects tongue - clonazepam vs xanax high

Anonim mengatakan...

buy tramadol online tramadol 50 mg get you high - can buy tramadol online legally

Anonim mengatakan...

xanax online buy xanax online pharmacy no prescription - xanax dosage highest

Anonim mengatakan...

buy tramadol online legal buy tramadol online united states - tramadol 50 mg get you high

Anonim mengatakan...

cheap tramadol online can buy tramadol online usa - legitimate online pharmacy tramadol

Anonim mengatakan...

generic alprazolam generic xanax mylan - xanax high side effects

Anonim mengatakan...

buy tramadol online safe order tramadol online - buy tramadol online cod overnight

Anonim mengatakan...

buy tramadol overnight shipping order tramadol online mastercard - purchase tramadol overnight

Anonim mengatakan...

xanax online side effects mixing xanax zoloft - pictures generic xanax bars

Anonim mengatakan...

carisoprodol 350 mg carisoprodol while breastfeeding - carisoprodol sub for soma

Anonim mengatakan...

xanax online xanax bars cheap - xanax 1mg get high

Anonim mengatakan...

buy tramadol online order tramadol online cheap - tramadol withdrawal hot flashes

Anonim mengatakan...

generic xanax xanax withdrawal chills - vyvanse drug interactions xanax

Anonim mengatakan...

xanax online generic xanax what do they look like - many 1mg xanax equal bar

Anonim mengatakan...

carisoprodol 350 mg cheap carisoprodol no prescription - cheap carisoprodol

Anonim mengatakan...

buy tramadol online vicodin vs ultram tramadol - tramadol no prescription overnight cod

Anonim mengatakan...

buying xanax online no prescription how to buy real xanax online - generic xanax gg 249

Anonim mengatakan...

buy cialis online cialis online with mastercard - cialis 20 mg

Anonim mengatakan...

buy cialis online cialis no rx - best online cialis usa

Anonim mengatakan...

cialis online cialis warnings - cialis online ricetta

Anonim mengatakan...

cialis online cialis price au - cialis online soft

Anonim mengatakan...

http://landvoicelearning.com/#63987 tramadol dosage 10 lb dog - order tramadol australia

Anonim mengatakan...

learn how to buy tramdadol tramadol for dogs dosage per pound - can i take 100 mg of tramadol

Anonim mengatakan...

learn how to buy tramdadol purchase tramadol cod shipping - tramadol 50 mg medicine

Anonim mengatakan...

buy tramadol tramadol withdrawal day 8 - tramadol for dogs and humans

Anonim mengatakan...

learn how to buy tramdadol tramadol 50mg better than vicodin - tramadol withdrawal protocol

Anonim mengatakan...

http://landvoicelearning.com/#97734 tramadol al 100mg nebenwirkungen - tramadol withdrawal taper

Anonim mengatakan...

http://landvoicelearning.com/#62431 order tramadol online saturday delivery - illegal get tramadol online

Anonim mengatakan...

buy tramadol tablets tramadol 50 mg for anxiety - can i order tramadol online legally

Anonim mengatakan...

http://buytramadolonlinecool.com/#50897 what is tramadol 100mg used for - tramadol dosage webmd

Anonim mengatakan...

best buy tramadol buy tramadol money order - best place buy tramadol tk

Anonim mengatakan...

http://landvoicelearning.com/#74967 tramadol hcl 50 mg for back pain - tramadol hcl generic ultram

Anonim mengatakan...

http://blog.dawn.com/dblog/buy/#56932 tramadol withdrawal relief - buy tramadol online no prescription next day delivery

Anonim mengatakan...

buy tramadol with mastercard buy discount tramadol - is it illegal to purchase tramadol online

Anonim mengatakan...

http://landvoicelearning.com/#51602 tramadol online - buy tramadol online usa cheap

Anonim mengatakan...

http://buytramadolonlinecool.com/#63102 tramadol 50mg pl - buy cheap tramadol overnight

Anonim mengatakan...

tramadol online buy tramadol without prescriptions - buy tramadol online usa

Anonim mengatakan...

buy tramadol tramadol compared to vicodin - tramadol 50mg no prescription

Anonim mengatakan...

http://blog.dawn.com/dblog/buy/#56932 buy tramadol rx - tramadol for dogs how long to take effect

Anonim mengatakan...

ways to buy ativan online ativan no prescription online pharmacy - 4 mg ativan high

Anonim mengatakan...

buy ativan online ativan withdrawal effects - lorazepam 1 mg day

Anonim mengatakan...

ativan sale ativan withdrawal taper schedule - ativan withdrawal vertigo

Anonim mengatakan...

lorazepam without prescription lorazepam 1 mg for sleep - ativan dosage bluelight

Anonim mengatakan...

Hermes Outlet 714538 Cheap Louis Vuitton Bags 864424 discount christian louboutin 465117 http://chanelhandbagsonsale.cabanova.com/

Anonim mengatakan...

http://ranchodelastortugas.com/#50238 xanax bars much - xanax jaw clenching

Anonim mengatakan...

Gucci Outlet 144552 Louis Vuitton Bags sale 173307 Cheap Louis Vuitton Bags 875171 http://louisvuittonoutletstores.cabanova.com/

Anonim mengatakan...

http://staam.org/#92453 tramadol overdose usa - buy tramadol in europe

Anonim mengatakan...

Chanel Outlet 163612 Discount Louis Vuitton Bags 546886 Burberry Bags clearance 607030 http://cheapburberrybagsonline.cabanova.com/

Anonim mengatakan...

Gucci Bags online 665920 Chanel Outlet Online 528686 Hermes Birkin sale 799028 http://hermesbirkinsale.cabanova.com/

Anonim mengatakan...

Burberry Outlet 160662 christian louboutin outlet store 329524 Burberry Outlet 1233 http://guccihandbagsforcheap.cabanova.com/

Anonim mengatakan...

Hermes Bags on sale 626290 Louis Vuitton Outlet 439650 Hermes online 753057 http://guccihandbagsforcheap.cabanova.com/

Anonim mengatakan...

Louis Vuitton Handbags 737394 Gucci Bags online 446508 Gucci Handbags 295275 http://chanelhandbagsonsale.cabanova.com/

Anonim mengatakan...

Burberry Handbags outlet 900196 Chanel Handbags on sale 295823 Hermes Birkin 610547 http://hermesbagsoutletsale.cabanova.com/

Anonim mengatakan...

http://staam.org/#74560 tramadol 37.5 325 dosage - tramadol withdrawal relief

Anonim mengatakan...

Hermes online 13439 Louis Vuitton Bags 235240 Chanel Handbags 736563 http://hermesbagsoutletsale.cabanova.com/

Anonim mengatakan...

http://staam.org/#74560 discount tramadol no prescription - tramadol hcl 50 mg can you get high

Anonim mengatakan...

buy xanax online pass drug test for xanax - what does xanax high feel like

Anonim mengatakan...

buy tramadol online tramadol yahoo answers - tramadol ingredients side effects

Anonim mengatakan...

buy xanax online xanax effects long term - xanax valium

Anonim mengatakan...

buy xanax bars online no prescription xanax 9 mg - xanax bars online no prescription

Anonim mengatakan...

http://bayshorechryslerjeep.com/#2mg you mix xanax and alcohol - xanax withdrawal day 5

Anonim mengatakan...

xanax online order xanax with paypal - generic xanax pink pill